Pohon Raksasa Unik Dari Afrika - POHON BAOBAB

February 08, 2018


Pohon Baobab Pohon Raksasa Dari Afrika


Pohon baobab adalah jenis pohon raksasa yang terkenal berasal dari Afrika. Diameter pohon baobab bisa mencapai sekitar 15 meter dan tingginya bisa lebih dari 30 meter. Pohon Baobab bisa hidup sampai 500 tahun, bahkan ada yang mencapai 3000 tahun. Pohon baobab termasuk pohon prasejarah yang sudah ada sejak zaman purba hingga saat ini.

Pohon baobab berbentuk sangat unik, ranting-rantingnya berbentuk seperti akar. Saat sedang tidak berdaun, pohon baobab terlihat seperti pohon terbalik.


baobab fruit, buah pohon baobab


Pohon baobab berbuah ketika berusia 50 tahun. Buah baobab yang matang tidak akan jatuh ke tanah, jadi harus dipetik dari pohonnya. Selain dimakan dan dijadikan jus, buah baobab juga bisa dikeringkan dan dijadikan bubuk minuman yang rasanya seperti limun. Cara membuat bubuk baobab cukup unik, kita hanya menunggu buah baobab mengering di pohon. Bagian dalam buah baobab yang kering itu lama kelamaan akan menjadi bubuk. Bubuk baobab bisa bertahan 3 tahun tanpa diberi pengawet.



Pohon baobab mampu hidup dalam keadaan apa pun. Saat hujan, pohon ini akan menyerap air sangat banyak. Air akan disimpan dan digunakan untuk menghasilkan buah saat musim panas. Karena kemampuannya itu, orang-orang Afrika menganggap pohon baobab sebagai "Tree Of Life"" atau pohon simbol kehidupan.

pohon baobab, baobab tree


Selain menjadi sumber penghasil kayu, batang baobab sering dilubangi oleh penduduk untuk digunakan sebagai tempat tinggal, tempat penyimpanan biji-bijian atau waduk air. Lubang pada batang baobab juga sering dimanfaatkan sebagai situs pemakaman.
Beberapa produk paling penting yang berasal dari kulit pohon baobab yang mengandung serat - digunakan untuk membuat jaring ikan, tali, karung dan pakaian. Kulit pohon itu juga bisa ditumbuk menjadi bubuk untuk penyedap makanan. Secara tradisional, daun baobab bahkan kerap digunakan untuk ragi dan sayuran.


Pohon baobab juga dijadikan tempat berlindung bagi banyak binatang. Banyak burung yang bersarang di rantingnya, monyet baboon sering memakan buahnyam kelelawar meminum sari nektar sekaligus menyerbuki bunganya. Hewan lain seperti gajah pun senang memakan seluruh bagian pohon baobab.

tree of life , baobab tree




You Might Also Like

1 comments

Printfriendly

Like us on Facebook

Total Pageviews