Tupai Si Jago Loncat

August 13, 2017

tupai , bajing, squirrel



Tupai / bajing yang hobinya loncat itu termasuk hewan yang pintar, lho, Penasaran seperti apa pintarnya ? Kita kenalan, yuk !

Tupai berbadan imut, jenis tupai kecil tingginya hanya sekitar 7,5 cm, Kalau jenis lainnya sekitar 15-20 cm. Ada juga tupai raksasa yang tingginya sampai 45 cm.

Kecepatan lari tupai bisa mencapai lebih dari 30 km/jam. Jangkauan lompatannya mencapai 6 meter, luar biasa bukan ? Untuk mengelabui musuh, tupai jarang bergerak lurus. Baik Saat berjalan maupun melompat.




Tupai suka mengasah giginya supaya tajam dan tidak bertampah panjang. Tupai termasuk binatang pengerat yang giginya terus tumbuh bertambah panjang. Tupai mengasah giginya menggunakan ranting-ranting pohon atau sabut dan batok kelapa.

Sebelum musim dingin tiba, tupai mengumpulkan makanan kesukaannya seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan tersebut lalu dikubur di dalam beberapa lubang. Supaya tidak dicuri hewan lain, tupai membuat jebakan berupa gundukan kosong.

Walaupun suka mencuri kelapa, tupai juga membantu membasmi hama pohon kelapa. Saat mencuri kelapa, rupanya tupai suka buang air kecil atau besar. Nah, kotoran tupai inilah yang mampu mematikan serangga yang jadi hama pohon kelapa.







You Might Also Like

0 comments

Printfriendly

Like us on Facebook

Total Pageviews