Fakta - Fakta Menarik Tentang Tupai

November 15, 2017





Sudah pernah baca artikel sebelumnya tentang tupai ? Kali ini kita akan membahas beberapa fakta menarik lain tentang tupai. Tupai merupakan binatang yang menakjubkan, mereka bisa meloncat sejauh 10 kali lipat dari panjang tubuhnya. Tupai juga mampu memutar pergelangan kakinya 180 derajat menghadap ke arah manapun ketika memanjat.
Mereka memiliki penglihatan yang sangat bagus, dan mereka mampu belajar meniru binatang lain dengan cepat.

Tupai bukanlah binatang pemalu, mereka suka keluar di siang hari, sehingga mereka menjadi salah satu binatang liar yang sering dilihat manusia. Ingin tahu hal-hal menarik lain tentang tupai , kita simak fakta-fakta berikut ini yuuk !!!






1. Gigi depan tupai akan terus tumbuh memanjang.
Hal ini berlaku juga untuk bintang-binatang pengerat lain, bangsa rodensia (seperti : tikus, bajing terbang, landak, dll). Rodensia berasal dari bahasa latin "rodere" yang berarti mengerat. Itulah kenapa tupai punya kebiasaan suka mengasah giginya, selain supaya tajam, juga supaya gigi depannya tidak bertambah panjang.

2. Tupai bergerak secara zig zag untuk melarikan diri dari predator
Ketika tupai merasa terancam, mereka melarikan diri dengan pola zig zag. Cara ini sangat berguna ketika mereka melarikan diri dari buruan elang.

3. Posisi mata tupai memungkinkan mereka melihat segala sesuatu di belakang mereka
Tupai memiliki mata besar yang terletak tinggi di bagian kepalanya, hal ini memungkinkan mereka untuk melihat tidak hanya apa yang ada di depan mereka , tetapi juga bagian yang ada di belakang mereka.



4. Musim kawin tupai jantan dan betina berlangsung antara bulan Februari sampai dengan Mei, dengan periode kehamilan selama 44 hari.
Pada umumnya, tupai betina melahirkan dua hingga empat bayi per kelahiran. Bayi-bayi tupai yang baru lahir itu besarnya hanya sekitar 1 inchi.

5. Bayi tupai hanya akan pipis dan poop di dalam mulut induknya.
Kebiasaan ini dilakukan supaya induk tersebut bisa dengan mudah membuang kotoran keluar dari sarang. Selain supaya sarang tetap bersih, juga merupakan salah satu cara untuk menghindari predator yang bisa mencium keberadaan tupai dari aroma tubuh atau kotorannya.



6. Tupai akan merawat bayi-bayi tupai lain jika mereka ditinggalkan induknya
Prof. Andrew McAdam bersama peneliti-peneliti lain dari University of Alberta dan McGill University, mengungkapkan bahwa tupai merah akan mengadopsi bayi tupai yang ditinggalkan induk yang lain. Mereka menemukan bahwa tupai akan mengadopsi bayi tupai yang masih dekat kerabatnya.










You Might Also Like

0 comments

Printfriendly

Like us on Facebook

Total Pageviews