Top 5 Pohon Wangi Khas Indonesia

January 03, 2018


bunga cendana
pohon cendana (source : bisnisukm .com)

POHON CENDANA

Pohon Cendana (santalum album) sangat terkenal karena menghasilkan aroma wangi dan harum yang khas. Pohon ini biasanya tumbuh di Indonesia, Malaysia dan India. Kayu cendana wangi kini sangkat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India Selatan biasanya dianggap paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, kayu cendana dari Pulau Timor juga sangat dihargai. 

Tanaman cendana merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Tanaman Cendana mengandung minyak atsiri yang dikenal dengan nama East Indies Sandalwood, true sandalwood atau 561. Kayu pohon cendana bisa dimanfaatkan sebagai campuran parfum, bahan pembuatan dupa, aromatherapy, balsam dan sangkur keris (warangka). Pohon cendana ditetapkan sebagai ikon flora dari Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya di Pulau Timor. Namun sayang sekali, pohon cendana saat ini sudah mulai langka.


Cendana juga merupakan tanaman obat yang berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengembalikan nafsu makan. Selain itu minyak cendana telah banyak digunakan sebagai obat tradisional rakyat untuk pengobatan masuk angin, bronchitis, gangguan kulit, penyakit jantung, kelemahan umum, demam, infeksi saluran kemih, radang mulut dan faring, keluhan hati dan kandung empedu serta penyakit lainnya.




pohon gaharu, gaharu tree
pohon gaharu (source : satujam .com)
POHON GAHARU

Kayu gaharu adalah kayu yang sangat langka dan sering dijadikan minyak wangi, obat, kosmetik, dan kerajinan tangan. Gaharu merupakan sebuah nama kayu dari jenis pohon genus Aquilaria (anggota famili Thymelaeaceae). Aroma wangi gaharu berasal dari gubal (semacam getah) yang terbentuk pada pohon yang terinfeksi mukroba fusarium sp. Mikroba ini bisa menginfeksi pohon secara alami saat kulit kayu terluka atau patah. Mikroba ini bisa juga secara sengaja disuntikkan agar pohon menghasilkan gubal. Gubal gaharu yang berwarna hitam ini wanginya sangat khas dan harganya sangat mahal. Orang Timur Tengah senang membakar gaharu sebagai pengharus ruangan. Kayu gaharu yang berasal dari Indonesia diperdagangkan ke India, Arab, Persia hingga Afrika Timur.





camphora tree
pohon kamper

POHON KAMPER

Pohon kamper (Dryobalanops aromatica) merupakan salah satu pohon yang sudah langka dan terancam punah. Di Indonesia pohon ini dapat ditemukan di Sumatera dan Kalimantan saja. Pohon kamper juga terdapat di beberapa daerah di Malaysia, seperti Semenanjung Malaysia, Sabah dan Serawak. Saat ini pohon kamper termasuk tanaman yang langka dan terancam punah diakibatkan oleh penebangan yang membabi buta, kerusakan hutan serta kebakaran hutan.

Pohon kamper memili diameter batang sekitar 70 - 150 cm dengan tinggi mencapai 60 meter. Jika batang kamper dipotong, akan keluar aroma kapur yang wangi. Pada jaman dahulu potongan - potongan kecil kayu pohon kamper direbus, setelah itu disuling dan dikristalkan. Kristal kayu kamper ini kemudian dijadikan bahan baku pembuatan kamper di pabrik. Selain menghasilkan kamper, Pohon Kapur juga dapat dimanfaatkan kayunya sebagai bahan bangunan, perkapalan, dinding, dan lantai karena memiliki kualitas kayu yang cukup baik






kayu manis, cinnamon
pohon kayu manis (source : agroteknologi .web.id)

POHON KAYU MANIS

Kayu manis merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia sejak 5000 tahun yang lalu. Selain sebagai bumbu penyedap makanan dan minuman, kayu manis juga berkhasiat bagi kesehatan. Kayu manis juga bisa digunakan sebagai pengharum ruangan alami karena aromanya dapat menghilangkan bau tak sedap. Aroma harum kayu manis ini berasal dari lapisan kulit pohon bagian dalam. Ketika dikeringkan lembaran kulit kayu ini akan berubah warna dan menggulung. Biasanya kayu manis dijual dalam bentuk gulungan dan bubuk berwarna cokelat.


cinnamon, kayu manis

Tanaman kayu manis merupakan salah satu tumbuhan asli Indonesia yang tersebar di seluruh nusantara, seperti Sumatera, Maluku, Jawa dan Papua. Tanaman kayu manis mengandung bahan kimia yang bermanfaat, seperti minyak atsiri, alkohol dan karbohidrat.




Keunggulan dari kayu manis sama seperti dengan tanaman obat lainnya. Secara tradisional  kayu manis dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. Kayu manis yang telah diteliti oleh para ahli memiliki efek antidiabetes. Tanaman ini juga dapat mengontrol glukosa darah karena mengandung senyawa polimer tipe-A polifenol. Oleh karena itu, tanaman kayu manis sangat cocok digunakan untuk pengobatan diabetes secara alternatif.





pohon suren
pohon suren (source : modulbiologi .com)

POHON SUREN

Pohon suren (Toona Sureni) memiliki kayu yang berbau harum seperti pohon cendana. Pohon suren biasanya ditanam di perkebunan teh dan di tepi jalan sebagai pemecah angin.Kulit kayu pohon suren dapat dijadikan minyak atsiri. Berdasar penelitian di laboratorium, suren juga mengandung bahan surenon, sureniin serta surenolakton. Zat tersebut bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan lava serangga uji ulat sutera. Bahan tersebut juga bermanfaat untuk menolak serangga termasuk diantaranya adalah pengusir nyamuk yang cukup ampuh. 

Selain itu pohon suren juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia, misalnya saja untuk membuat mebel, pintu, daun jendela, atau juga untuk kebutuhan lain yang menggunakan bahan baku kayu. Hal ini karena jenis kayu suren memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah mengalami pembusukan atau dimakan rayap





You Might Also Like

0 comments

Printfriendly

Like us on Facebook

Total Pageviews