Mangga Alpukat Si Buah Unik

January 01, 2018


mangga alpukat


Mangga Alpukat yang lagi naik daun ini sebenarnya adalah nama populer dari mangga gadung 21. Mangga unggul ini buahnya lebih besar daripada mangga harummanis. Jenis mangga ini termasuk jenis mangga yang masih sulit ditemukan di pasaran. Saat ini lahan mangga alpukat terdapat sekitar 4000 hektar di kecamatan Rembang, Pasuruan, Jawa Timur. Buah yang banyak diminati ini dari petani dijual dengan harga 20000 - 35000/kg





Mangga alpukat atau gadung kolan 21 merupakan varietas yang sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1994. melihat besarnya potensi mangga ini, Pemerintah Kabupaten Pasuruan sejak 4 tahun lalu melakukan promosi besar-besaran untuk memperkenalkan jenis mangga ini. Mangga alpukat mendapatkan paten atau diakui sebagai buah asli dari Kementerian Pertanian pada tahun 2016.



Mangga alpukat bisa dipanen sekitar  3 - 4 bulan setiap tahunnya. Keistimewaan mangga ini adalah rasanya yang lebih manis dan texture daging buahnya lebih genbur.. Mangga alpukat sering disamakan dengan mangga harummanis 143. Meskipun mirip, kedua jenis mangga ini memiliki beberapa perbedaan. Mangga alpukat mengandung pati lebih banyak dan cita rasa kedua mangga ini pun berbeda.

mangga alpukat
source : tribunnews

Cara menyantap mangga alpukat juga bisa dibilang unik dan praktis. Kita tidak perlu mengupas kulit buah seperti biasanya. CUkup dengan membelah bagian tengah mangga menggunakan pisau tajam, kemudian bagian atasnya diputar sambil ditarik hingga terlepas dari bijinya. Selanjutnya daging buah dapat langsung dimakan menggunakan sendok seperti saat kita makan buah alpukat. Untuk bisa disantap seperti buah alpukat, buah mangga ini harus dipetik saat matang di pohon, bukan matang karena diperam.





You Might Also Like

0 comments

Printfriendly

Like us on Facebook

Total Pageviews