Keunikan Jerapah

December 21, 2017








Jerapah adalah hewan darat tertinggi. Tingginya hampir setara dengan tinggi tiga orang dewasa. Jerapah datau Giraffa camelopardalis adalah hewan mamalia yang banyak ditemukan di savana atau padang rumput Afrika.





Mata - Mata Ulung

Jerapah identik sebagai hewan berleher panjang, uniknya meskipun lehernya panjang, jumlah ruas tulang lehernya sama dengan mamalia lainnya, yaitu tujuh ruas. Leher jerapah yang panjang itu digunakan untuk mendeteksi musuh atau predator yang datang. Itulah sebabnya jerapah disebut sebagai mata-mata ulung. Penglihatan jerapah juga sangat baik. Ia mampu mendeteksi hewan yang bergerak lebih dari 800 meter jauhnya.






Pandai Menyamar

Jerapah pandai menyamar, motif tutul tutul membuatnya mudah bersembunyi di antara pepohonan kering. Oleh karena itu, para pemangsanya tak mudah menemukannya. Jerapah juga dapat berlari cepat karena kaki panjangnya yang berotot. Kaki depan dan belakang jerapah berbeda, kaki depan jerapah sedikit lebih panjang dibandingkan kaki belakangnya. Fungsinya adalah untuk menahan otot-otot di pangkal lehernya.




Suka Makan Tapi Jarang Minum

Makanan kesukaan jerapah adalah daun akasia. Jerapah mengambil daun di pohon dengan bantuan lehernya yang panjang. Lidah jerapah juga panjang, kira-kira 45 cm. Lidah yang panjang itu sangat membantu ketika dia mengambil makanan dari setiap cabang pohon.
Meskipun suka makan, jerapah dapat bertahan hidup tanpa minum. Biasanya jerapah akan minum kurang lebih 12 galon air terlebih dahulu, setelah itu dia dapat bertahan tanpa minum. Sumber air lainnya berasalah dari makanannya.







You Might Also Like

0 comments

Printfriendly

Like us on Facebook

Total Pageviews